Diberdayakan oleh Blogger.

Baku Berubah Menjadi Kota yang Penuh Dengan Hotel Murah

Posted by Cline Creations

Kota Baku di negara Azerbaijan kini memiliki ciri khas tersendiri. Semenjak 5 tahun terakhir harga hotel di kota ini  berkurang hingga 10 persen. Berkurangnya harga hotel di Baku, Azerbaijan, diketahui dari laporan tahun yang didapat dari perusahan konsultan Solusi Properti Azerbaijan bagian pasar komersial real estate. Di dalam laporan tersebut tertulis, sejak tahun 2009 tingkat harga hotel menengah turun sebesar 10 persen. Sedangkan hotel mewah berkelas harganya naik sebesar 15 hingga 17 persen.

Hotel Murah

Menurut laporan, alasan utama terjadinya penurunan adalah tren dari pasar mengenai proposal hotel tingkat tinggi, khususnya hotel berkelas. Rata-rata harga kamar hotel di Baku bertahan di angka 60 persen pada 2013, dari 55 persen hotel bintang 5 dan 65 persen hotel bintang 3. Baku memiliki sekitar 6.400 kamar hotel yang dimana angka ini 12 persen lebih banyak dibandingkan tahun lalu. Rata-rata pertumbuhan tahunan dari saham hotel di Baku diperkirakan sekita 8 persen.

Sekarang, ada 103 hotel yang beroperasi di Baku, termasuk 22 diantaranya adalah hotel bintang 5, 46 hotel bintang 4, dan 26 hotel bintang 3, serta tambahan 9 hotel yang tidak masuk klasifikasi atau berada di antara 2 kelas. Hotel di Azerbaijan di klasifikasikan dari peraturan bersertifikat yang dibuat oleh Mentri Budaya dan Pariwisata, yang biasanya memverifikasi kelayakan dari hotel dengan persayatan.

Menurut penasehat dari kepala Asosiasi Pariwisata Azerbaijan, Muzaffar Agakerimov, hasil awal dari pengawasan terbaru dari perusahaan hotel dan pariwisata di Baku dan semenanjung Absheron mencakup 80 persen dari fasilitas yang beroperasi di dareah tersebut. Umumnya, hasil dari pengawasan itu memuaskan. Namun, kekurangan yang menyakut dari sumber daya manusia ditemukan dalam aktivitas di beberapa hotel. Rendahnya tingkat pelatihan staf menyebabkan rendahnya tingkat dari pelayanan.

Diambil dari hasil pengawasan, Agakerimov merekomendasikan ke mentri yang bersangkutan untuk menurunkan klasifikasi beberapa hotel bintang 3 dan 4. Di kebanyakan kasus, hal ini ditujukan untuk hotel musiman di Absheron. Ia menambahkan bahwa penting juga untuk menambah staf pemandu turis di perusahaan-perusahaan pariwisata, apalagi pengetahuan mengenai bahasa asing.

Agakerimov melanjutkan rekomendasinya dengan menyarankan biaya jasa pariwisata untuk turis di Azerbaijan dikurangkan demi menarik wisatawan lokal dan asing. Apalagi, ia mencatat bahwa dibandingkan tahun lalu, harga dari jasa pariwisata di Azerbaijan telah menurun secara signifikan. Disamping hotel bintang 5, masih ada pertumbungan hotel bintang 3 dan 4 dengan harga kamar dari $80 hingga $100 per hari. Sekarang telah ada 241 agensi perjalanan dan lebih dari 500 hotel dan fasilitas tipe hotel di Azerbaijan.

Related Post



Poskan Komentar